Thanks for your attending......

Memory Aritonang Universitas HKBP Nommensen Medan

Jumat, 01 Oktober 2010

Analisa Ratio Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

RENCANA JUDUL

Analisa Ratio Laporan Keuangan
Sebagai Dasar Penilaian Pada Perusahaan Daerah Air Minum
(PDAM)
Tirtasari Binjai”

BIDANG ILMU
Ekonomi – Manajemen

 LATAR BELAKANG MASALAH

Dari sejarah perkembangan perusahaan pada umumnya dapatlah diketahui bahwa masalah financial atau keuangan disamping masalah-masalah penjualan, marketing dan pemasaran merupakan masalah sentral perushaan dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan.
Laporan keuangan dari suatu perusahaan merupakan laporan yang memberi gambaran tentang hasil kegiatan yang telah dicapai oleh perusahaan selama satu periode serta posisi keuangan pada suatu tanggal tertentu. Dengan kata lain maju mundurnya suatu perushaan itu dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan.
Para pemakai laporan keuangan terutama pemilik perusahaan dan kreditur serta calon investor dapat mengambil keputusan ekonomi sesudah membandingkan dan menilai serta memproyeksikan kemampuan perusahaan memperoleh laba dengan lebih tepat apabila tersedia informasi yang relevan.
Maju mundurnya operasi perusahaan diketahui oleh manajemen perusahaan dengan jalan menganalisa laporan keuangan yang juga memudahkan penentuan kebijaksanaan selanjutnya. Dengan mengadakan analisa dan evaluasi, maka masalah yang terjadi dapat diatasi. Kemudian dapat pula diambil tindakan yang bersifat korektif.
Berdasarkan hal-hal diatas akan diperoleh suatu informasi tentang kelemahan yang sedang dihadapi dan kekuatan apa yang dimiliki perusahaan dibidang financial, sehingga dapat ditentukan cara-cara untuk menghadapinya.
Melihat pentingnya penafsiran dan analisa terhadap laporan keuangan perusahaan, maka penulis tertarik untuk membuat suatu tulisan dengan judul “Analisa Ratio Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai”.

4.                  PERUMUSAN MASALAH

Masalah merupakan suatu persoalan yang membutuhkan pemecahan. Masalah dapat diketahui setelah menganalisa persoalan-persoalan yang kompleks, kemudian dibuat prioritasnya karena setiap masalah memerlukan pemecahan secara khusus.
Setiap perusahaan akan menghadapi berbagai masalah pada suatu saat tertentu yang timbul dengan sengaja maupun tidak sengaja. Dari hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan, masalah yang ada pada PDAM Tirtasari Binjai ini adalah “Aktiva Lancar tahun 2007 mengalami penurunan bila dibandingkan dengan aktiva lancar pada tahun 2001”.

5.                  HIPOTESA

Untuk memperoleh jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi, maka suatu hipotesa dapat ditarik berdasarkan masalah yang diselidiki, jadi hipotesa adalah suatu pernyataan yang dirumuskan dalam bentuk yang harus dapat diuji dan menjelaskan bentuk hubungan yang ada antara dua atau lebih variable. Pernyataan tersebut masih harus diuji kebenarannya pada kenyataan yang ada.
Perusahaan yang masih belum memanfaatkan laporan keuangan dan analisa rasio didalam menilai kinerja perusahaan.

6.                 LUAS DAN TUJUAN PENELITIAN

Penelitian yang dilakukan penulis pada PDAM Tirta Sari Binjai akan dibatasi dengan menentukan  Luasnya penelitian, agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam menganalisa data dan menarik kesimpulan. Disamping itu, keterabatasan pengetahuan, waktu, biaya dan pengalaman juga merupakan factor yang membatasi penelitian ini. Oleh karena itu Luas penelitian dibatasi hanya meliputi :
1.      Laporan rugi laba perusahaan untuk tahun 2007-2008
2.      Neraca perusahaan Per 31 desember 2007-2008.

Analisa laporan keuangan ini juga hanya dilakukan terhadap analisa yang berhubungan dengan likuiditas, solvabilitas, aktifits dan rehabilitas.
Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan memecahkan masalah yang dihadapi PDAM Tirtasari Binjai yang berhubungan Dengan Laporan Keuangan. Selanjutnya penelitian ini juga bertujuan untuk
1.      Memberi sumbangan pikiran berupa sarana yang mungkin berguna bagi para manajer perusahaan pada masa yang akan dating.
2.      Manambah pengetahuan penulis dalam bidang manajemen keuangan PDAM Tirtasari Binjai yang diaudit oleh Akuntan Public dapat dipergunakan sebagai masukan untuk menganalis lebih lanjut.
3.      Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di Universitas HKBP Nommensen Medan.

7.                  METODE PENELITIAN

7.1              METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan dua metode pengumpulan data untuk memperoleh data serta bahan yang diperlukan untuk penulisan ini, yakni :

1.         Penelitian Kepustakaan (Library Research)

Pada metode ini penulis mengadakan pengumpulan data teoritis dengan cara :
·           Mengumpulkan dan mempelajari literatur – literature.
·           Mempelajari bahan-bahan yang diperoleh dari perkuliahan yang relevan dengan penulisan skripsi ini.
·           Tulisan-tulisan lain yang berhubungan dengan judul skripsi ini.
Dengan penelitian kepustakaan ini penulis akan mencoba untuk memperoleh landasan teoritis mengenai masalah analisa laporan keuangan. Data yang diperoleh ini merupakan data sekunder yang akan dipergunakan sebagai bahan untuk menganalisa data yang diporoleh dari lapangan.

2.         Penelitian Lapangan (Field Research)

Pada metode ini penulis mengumpulkan data denga melakukan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi perusahaan dengan cara :
·         Observasi, yaitu mengadakan serangkaian Tanya jawab dengan pimpinan perusahaan, pegawai yang berhubungan dengan masalah yang relevan dalam rangka pengumpulan data-data yang dibutuhkan oleh penulis dalam rangka menyusun skripsi ini.



7.2              METODE ANALISIS

Metode analisa yang digunakan terdiri dari :

1.         Metode Analisa Deskriptif
Metode ini merupakan usaha mengumpulkan, mengklarifikasi dan selanjutnya melakukan penafsiran, sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang masalah yang diteliti.

2.         Metode Analisa Deduktif
Metode ini merupakan penarikan kesimpulan yang bertitik tolak dari prinsip-prinsip kebenaran yang diterima secara umum. Kemudian diperbandingkan dengan fakta yang ada dalam praktek sebagai suatu kenyataan dalam ruang dan waktu pada objek penelitian.





Tidak ada komentar:

turQ

turQ

Mory Aritonang

Memuat...
Loading...